Tentang Blog Ini

Blog ini dibuat dengan tujuan untuk saling berbagi ilmu pengetahuan. Ikuti saya di Facebook

panelarrow

Bersama Belajar Dalam Maslahat Dunia & Akhirat

Friday, December 4, 2015

Download Kelemahan Hadits-hadits Tentang Fadhilah Yaasiin CHM

Kelemahan Hadits-Hadits
Tentang Fadhilah Yaasiin

PENDAHULUAN EBOOK
Setiap Muslim diperintah untuk membaca al-Qur-an, sebagaimana ayat pertama yang turun memerintahkan kita untuk membaca: “اقْرَأْ   (bacalah).”

Al-Qur-an yang terdiri dari 30 (tigapuluh) juz mulai surat al-Fatihah sampai surat an-Naas jelas mempunyai keutamaan dan kaum Muslimin berkewajiban mengamalkannya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar ummat Islam membaca al-Qur'an, dan kalau sanggup mengkhatam-kannya sepekan sekali, atau sepuluh hari sekali, atau dua puluh hari sekali, atau setiap bulan sekali dikhatamkan-nya. Berdasarkan sabda Nabi صلی الله عليه وسلم.

اِقْرَأِ الْقُرْآنَ فِيْ كُلّ ِ شَهْرٍ، اِقْرَأْهُ فِيْ عِشْرِيْنَ لَيْلَةً، اِقْرَأْهُ فِيْ عَشْرٍ، اِقْرَأْهُ فِيْ سَبْعٍ، وَلاَ تَزِدْ عَلَى ذَلِكَ

“Bacalah al-Qur-an (khatamkanlah) sebulan sekali, khatamkanlah al-Qur'an setiap dua puluh hari sekali, khatamkanlah setiap sepuluh hari sekali, dan khatamkanlah setiap sepekan sekali, jangan lebih dari itu.” [HR. Al-Bukhari (no. 5053-5054), Muslim (no. 1159) (184)) dan Abu Dawud (no. 1388), dari Abdullah bin Amr. Lihat Shahih Jamiush Shaghiir (no. 1158)]

Kebanyakan kaum Muslimin di mana-mana sering membaca surat Yaasiin, seolah-olah anjuran Nabi  صلی الله عليه وسلم untuk membaca al-Qur-an dimaksudkan adalah surat Yaasiin, sepertinya al-Qur'an itu isinya hanyalah surat Yaasiin saja, karena sangat sering sekali kita mendengar kaum Muslimin dan Muslimat membaca surat Yaasiin di rumah, di majlis-majlis talim, di masjid-masjid, di sekolah, di pondok-pondok dan bahkan sering pula kita dengar dibacakan untuk orang yang sedang naza' (akan mati) dan dibacakan di pemakaman kaum Muslimin. Dari isi al-Qur'an yang terdiri dari 114 surat hanya surat Yaasiin saja yang banyak dihafal  oleh kaum Muslimin.

Kita sangat gembira dengan banyaknya orang yang hafal surat Yaasiin, tetapi kita yakin tentunya ada beberapa faktor yang mendorong kaum Muslimin menghafal  surat tersebut. Setelah kita periksa, ternyata memang ada faktor pendorongnya, yaitu beberapa hadits yang menerangkan keutamaan (fadhilah) dan ganjaran bagi orang yang membaca surat Yaasiin, tetapi hadits-hadits yang menerangkan surat Yaasiin adalah LEMAH SEMUANYA.

Saya akan sebutkan dan jelaskan kelemahan hadits-hadits tersebut, supaya kaum Muslimin mengetahui bahwa hadits-hadits tersebut tidak bisa dipakai hujjah, meskipun untuk fadhaa-ilul amaal.

Selanjutnya saya akan jelaskan pula kelemahan hadits-hadits yang menganjurkan membacakan surat Yaasiin untuk orang yang sedang naza' (akan mati) maupun menganjurkan untuk orang yang sudah mati.

Yang perlu diingat dan diperhatikan dari tulisan ini ialah, bahwa dengan membahas masalah ini bukan berarti saya melarang (mengharamkan) baca surat Yaasiin, akan tetapi saya ingin menjelaskan kesalahan orang-orang yang menyandarkan dalil keutamaannya kepada Nabi صلی الله عليه وسلم, sedang berdusta atas nama Nabi Muhammad  صلی الله عليه وسلم adalah diharamkan dan diancam masuk Neraka.

Selain itu pula, kita wajib melihat apakah ada contoh Nabi  صلی الله عليه وسلم yang menerangkan bahwa Nabi  صلی الله عليه وسلم membaca surat Yaasiin setiap malam Jumat, setiap mulai atau menutup majlis talim, ketika ada orang mati dan lain-lain?!

Mudah-mudahan dari penjelasan dan keterangan ini bukan mematahkan semangat, tetapi malah sebagai dorongan untuk membaca dan menghafal  seluruh isi al-Qur'an dan berupaya untuk mengamalkannya.

Download Kelemahan Hadits-hadits Tentang Fadhilah Surat Yasiin
Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpageDownload Artikel Versi PDF

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer

Postingan Terbaru

Jumlah Pengunjung

Total Pageviews

All Right Reserved. Powered by Blogger.

Copyright © Kamilin | Powered by Blogger